Friday 11 September 2015

Hawa, Aplikasi Untuk Semua Kebutuhan Informasi Wanita


Nekstren – Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita lebih cenderung suka bersosialisasi dibanding pria. Para wanita suka berbagi, berdiskusi, atau sekadar curhat dengan temannya yang lain. Dan beberapa waktu lalu, developer asal Singapura Pineapple Connect, mencoba menghadirkan aplikasi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut bernama Hawa aplikasi di indonesia.

Aplikasi ini ditujukan bagi pengguna perempuan berusia 15 tahun ke atas. Aplikasi ini baru tersedia di platform Android sejak 14 Agustus 2015. Hingga saat ini, aplikasi Hawa mendapat sekitar kurang lebih 5.000 unduhan.

Hawa aplikasi mengulas tips kesehatan, kecantikan, asmara, hingga forum curhat. Aplikasi Hawa berfokus seputar masalah pribadi wanita, seperti menstruasi, kesuburan, kehamilan, dan gaya hidup sehat. Pengguna bisa berkonsultasi dengan pakar dan ahli di bidangnya masing-masing, seperti ahli gizi, dokter spesialis kelamin, dan lainnya yang terpilih sebagai penasihat bagi pengguna aplikasi.

Untuk mendapatkan fungsi tersebut, pengguna hanya login dengan akun Facebook yang dimiliki. 
Selanjutnya, mereka akan langsung diarahkan pada laman dengan opsi Ingin Hamil, Menunda Kehamilan, dan Saya Hamil. Saya pribadi agak canggung dengan opsi yang tidak bisa dilanjutkan begitu saja ke laman selanjutnya.

Setelah itu, pengguna akan diminta untuk menyertakan informasi terkait menstruasi, durasi menstruasi, dan tanggal terakhir menstruasi. Aplikasi ini akan langsung memberi informasi tanggal kesuburan pengguna dan notifikasi informasi tentang menstruasi. Terdapat pop-up tip kecantikan yang secara acak ditampilkan di laman ini.

Beranjak dari laman tersebut, pengguna akhirnya baru dapat melihat keseluruhan fitur aplikasi Hawa. Terdapat tiga kategori di laman utama, yakni Tips, Sosialita, dan Saya. Laman Tips menyajikan empat kategori berbeda, yakni Kesehatan, Kecantikan, Style, dan Asmara. Bagian Tips ini menyajikan beragam artikel dari berbagai sumber terkait dengan empat kategori tersebut.

Kemudian di laman Sosialita, pengguna disediakan ‘lapak’ untuk curhat atau bertanya apapun kepada pengguna lainnya. Dalam forum ini, pengguna dapat menemukan teman dengan masalah yang serupa, berdiskusi, mencari solusi dan nasihat dari pakar yang disediakan di aplikasi ini.

Dan terakhir, pada laman Saya, pengguna dapat mengatur notifikasi yang ingin ditampilkan. Laman ini layaknya pengaturan dari keseluruhan aplikasi. Kamu dapat memilih notifikasi yang ingin ditampilkan, yakni pengingat menstruasi, masa subur, pengingat minum, dan Notifikasi Forum Sosialita.

Menurut saya, aplikasi ini berusaha memenuhi kebutuhan wanita akan informasi menyangkut kehidupan harian dengan adanya kolom Tips dengan berbagai kategori. Sayangnya, konten yang disajikan masih sangat minim dan butuh pengembangan lanjutan agar tampilannya semakin menarik dan memberi kepuasan bagi para pengguna.

Selain Hawa, startup lain yang juga menyediakan informasi bagi wanita di Indonesia adalah Female Daily, Fimela, dan Wolipop. Bagaimanapun, ketiganya belum menyediakan aplikasi mobile seperti Hawa.


EmoticonEmoticon